Jl.Raya Bunpenang No.06 - Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep

Asal Mula Nama Desa & Dusun

Bunpenang merupakan salah satu desa yang masuk kedalam Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Perlu diketahui bahwa asal usul nama Desa Bunpenang berasal dari kebun pohon pinang yang mana kebun pohon pinang tersebut dulunya kebanyakan berada di Desa Bunpenang bagian selatan. Namun, banyak warga dari Desa Bunpenang bagian selatan pindah ke bagian Bunpenang saat ini dikarenakan di Desa Bunpenang bagian selatan terjangkit penyakit kolera. Oleh karena itu, banyak warga yang pindah ke Bunpenang saat ini untuk bermukim dan menetap.

Bunpenang memiliki 3 dusun diantaranya : Sempajung, Daja Lorong, Laok Lorong. Asal nama dusun yang ada di desa bunpenang memiliki sejarah tersendiri. Nama Sempajung berawal dari nama pohon yang ada di masyarakat yaitu pohon asem yang berbentuk payung, sehingga oleh masyarakat dusun yang tinggal di daerah itu disebut dusun Sempajung.

Sedangkan dua dusun lainnya, yaitu dusun Daja lorong dan Laok Lorong berasal dari dua nama dusun yang masing-masing berbeda, yang Daja Lorong bernama dusun Aeng Longon dan dusun Laok Iorong bernama Langgar.

Kedua dusun tersebut pada mulanya bersebelahan, tidak ada pembatas namun hanya berupa pembatas antara petak ladang dengan ladang lainnya(Tabun).

Pada zaman Belanda dibangunlah sebuah jalan (Lorong) antara dusun Daja Lorong dan Laok Lorong untuk memperlancar transportasi orang-orang Belanda pada saat itu, tepat diantara dusun Aeng Longon dan Langgar(di tabun). Sehingga kedua dusun tersebut hanya terpisah oleh sebuah lorong, dan selanjutnya dusun Aeng longon dan Langgar menjadi dusun Daja Lorong dan dusun Laok Lorong.

Narasumber  : Bapak K Sakin
Alamat  : Dusun Laok Lorong
Jabatan  : Tokoh Masyarakat
Umur  : 79 th

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Jadwal Sholat