Jl.Raya Bunpenang No.06 - Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep

Bunpenang Kaya Tumbuhan Siwalan



Siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan yang satu ini. Siwalan termasuk dalam tumbuhan palem dan biasa tumbuh di daerah kering terutama di pesisir utara Jawa. Tumbuhan dengan nama ilimiah Borassus Flabellifer ini dapat kita jumpai di daerah Sumenep, Madura yang salah satunya ada di Desa Bunpenang Kecamatan Dungkek. Di desa ini, Siwalan dapat tumbuh subur. Bahkan Bunpenang merupakan penghasil siwalan terbesar di Kecamatan Dungkek, tentu hal ini menjadi potensi Desa Bunpenang. 

Rasa buah siwalan hampir menyerupai kolang kaling, namun banyak yang mengatakan bahwa rasa buah siwalan lebih enak daripada kolang kaling. Bunga dari pohon siwalan dapat diambil niranya untuk dibuat minuman yang disebut Legen. Dari air niranya tersebut juga bisa dibuat gula merah. Produksi gula siwalan memang tidak selamanya bisa dilakukan. Sebab pada musim hujan, air siwalan akan sangat sulit didapat daripada musim kemarau. Tidak hanya buah dan bunganya, daun siwalan juga bisa dibuat kerajinan tangan, seperti tas, tikar, topi dan lain-lain.

Masyarakat Desa Bunpenang biasanya hanya memanfaatkan niranya untuk dibuat gula merah. Setelah jadi, mereka akan menjualnya kepada tengkulak yang setiap hari datang ke desa. Uang hasil penjualan kemudian mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan buahnya sendiri kurang diminati masyarakat karena mereka menganggap tidak memiliki nilai ekonomis. Masyarakat Desa Bunpenang hanya memanfaatkan buahnya untuk campuran minuman, dan pakan sapi. 

Banyaknya buah siwalan tampaknya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Bunpenang. Kedepannya potensi siwalan ini akan terus dikembangkan lagi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Bunpenang.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Jadwal Sholat