Jl.Raya Bunpenang No.06 - Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep

Penerapan Pembelajaran Edukatif untuk Siswa-Siswi SDN 01 & 03 Bunpenang


    

Pembelajaran edukatif merupakan suatu kondisi memberikan pengetahuan, pemahaman, dan pengajaran yang dapat berguna bagi perkembangan kognitif. Di dalam dunia pendidikan, unsur paling penting adalah guru (pendidik) dan murid (peserta didik). Mereka memiliki ikatan hubungan yang disebut interaksi edukatif yang bertujuan mengubah perilaku murid kearah yang lebih baik. Oleh sebab itu, pembelajaran edukatif memiliki peranan penting bagi guru untuk menyampaikan pengetahuan, pemahaman, dan pengajaran yang dapat diterima dengan mudah oleh para murid dengan cara yang lebih atraktif (menyenangkan) dan dapat membuat para murid lebih bersemangat menerima pembelajaran dari guru.

Pembelajaran edukatif perlu diterapkan di sekolah-sekolah dasar agar para murid Sekolah Dasar (SD) tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton dari guru, terlebih lagi perkembangan otak anak usia Sekolah Dasar masih sangat fleksibel dan dapat dengan mudah menerima serta memahami apapun yang disampaikan guru kepada mereka.

Berdasarkan issue dari pembelajaran edukatif, para guru di SDN 03 Bunpenang telah menerapkan hal tersebut kepada murid-murid mereka dengan cara yang sederhana dan dapat diterima dengan mudah khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris. Salah satu contohnya yaitu pembelajaran dan penyampaian materi bahasa inggris dengan bernyanyi. Belajar dan bernyanyi lagu tentang anggota badan, angka, kata kerja, kata ganti dalam bahasa Inggris. Dengan pembelajaran seperti itulah para murid dapat lebih menangkap materi dengan cepat dan bersemangat.

Kita tahu bahwa standar pendidikan di desa Bunpenang tergolong masih rendah. Oleh karena itu, para guru di SDN 03 Bunpenang meningkatkan kemampuan para muridnya dalam belajar bahasa inggris menggunakan pembelajaran yang lebih edukatif dengan cara bermain dan bernyanyi. Diharapkan cara tersebut dapat memudahkan para murid di SDN 03 Bunpenang dalam meningkatkan minat belajar para murid. Menurut kepala sekolah SDN 03 Bunpenang, upaya penerapan pembelajaran edukatif akan selalu digalakan demi mengembangkan pendidikan di SDN 03 Bunpenang. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Jadwal Sholat

Blog Archive